Rabu, 27 Agustus 2025

User tidak bisa connect ke mail client menggunakan IMAP

 1. Cek setting IMAP pada akun

zmprov ga budi.kurniawan@megahmedikapharma.com | grep Imap

👉 Untuk memastikan status fitur IMAP (enabled/disabled).

2. Disable IMAP sementara

zmprov ma namauser@namadomain.com zimbraFeatureImapDataSourceEnabled FALSE
zmprov ma namauser@namadomain.com zimbraImapEnabled FALSE
zmprov ma namauser@namadomain.com zimbraPrefImapSearchFoldersEnabled FALSE

👉 Mematikan semua fitur IMAP untuk akun tersebut (paksa session IMAP disconnect).


3. Enable IMAP kembali

zmprov ma  namauser@namadomain.com zimbraFeatureImapDataSourceEnabled TRUE

zmprov ma namauser@namadomain.com zimbraImapEnabled TRUE

zmprov ma  namauser@namadomain.com zimbraPrefImapSearchFoldersEnabled TRUE

👉 Mengaktifkan ulang fitur IMAP di akun.


4. Flush cache account

zmprov fc account namauser@namadomain.com

👉 Memastikan perubahan konfigurasi langsung diterapkan tanpa restart seluruh service Zimbra.


5. Cek log mailbox untuk akun terkait

grep -a "namauser@namadomain.com" /opt/zimbra/log/mailbox.log


6. Cek spesifik IMAP activity akun:

grep -a "imap" /opt/zimbra/log/mailbox.log | grep namauser@namadomain.com

👉 Berguna untuk memastikan apakah koneksi IMAP berhasil atau ada error.

coba kembali login menggunakan mail client, dan cek log jika berhasil akan muncul imapssl, jika tidak berhasil maka akan kosong/tidak ada log


✅ Dengan langkah ini:

  • Session IMAP lama user diputus.

  • IMAP di-disable lalu di-enable kembali → memastikan fitur refresh.

  • Cache dibersihkan.

  • Log dicek untuk memverifikasi koneksi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Migrasi vm dari proxmox ke vmware

 1. Backup vm pada proxmox -> compresion nya pilih none aja -> nanti akan menghasilkan file dengan format vma 2. Exract hasil backup n...